Sayyidi Asy-Syekh Al-Faqih Nawawi Al-Bantani Al-Jawi

Biografi Imam Nawawi Banten atau Syekh Nawawi Al-Bantani

Apabila kita mengulas para ulama nusantara yang keulamaannya dikenal dan diakui oleh dunia, maka kita akan menemukan banyak sekali ulama yang mencapai posisi tersebut. Dan dari sekian banyak para ulama bertaraf dunia, maka kita tidak boleh melupakan satu sosok yang sangat fenomenal di dunia islam, yang telah mewarnai islam dengan ajarannya yang sangat berbobot, karyanya yang sangat indah dan bermutu, dan yang mampu melahirkan generasi ulama baru yang mumpuni dan juga bertaraf dunia. Siapa lagi kalau bukan Imam Nawawi Al-Bantani, seorang ulama besar dunia yang ternyata merupakan putra kelahiran Banten.

Imam Nawawi al-Bantani, begitu beliau banyak dikenal, merupakan seorang ulama kelas dunia yang lahir di Tanara, Serang, pada tahun 1230 hijriyah atau sekitar tahun 1813 masehi. Nama lengkap beliau adalah Abu Abdul Mu'thi Muhammad Nawawi bin Umar bin Arabi. Namun demikian beliau dikenal dengan nama Nawawi al-Bantani, yang berarti beliau berasal dari Banten.

Imam Nawawi Al-Jawi Al-Bantani

Tanara senidir merupakan sebuah desa kecil di masanya dan berada dalam bagian kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Propinsi Banten. Di masa sekarang, tempat kelahiran beliau berada di alamat kampung pesisir, desa pedaleman, kecamatan tanara, dan berada di depan masjid Jami' Imam Nawawi Al-Bantani.

Apabila dirunut nasabnya, Sayyidi Imam Nawawi al-Bantani ini maih keturunan dari Maulana Hasanuddin, putra dari kanjeng Sunan Gunung Jati, Cirebon. Dari jalur Maulana Hasanuddin ini nasab Imam Nawawi sampai kepada kanjeng nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam,tepatnya dari putra Maulana Hasanuddin yang bernama Pangeran Suniararas. Adapun ayah Imam Nawawi bernama Sayyidi Syekh Umar bin Arabi, seorang ulama besar banten, dan ibunda beliau bernama Sayyidah Zubaedah.

Dilihat dari spesialisasinya, maka beliau merupakan ulama besar yang serba bisa dan menguasai berbagai macam disiplin ilmu keislaman. Diantaranya, beliau sangat mumpuni dalam bidang tafsir al-Quran, hadits nabawi, akidah, fiqh, hingga pada ilmu tasawuf juga menjadi bagian dari keahlian beliau.

Perjalanan Thalabul Ilmi Imam Nawawi

Imam Nawawi sejak kecil telah terbiasa hidup di tengah-tengah keluarga yang sangat agamis. Sebagai putra dari ulama besar di masanya, kehidupan Imam Nawawi tidak pernah lepas dari mengaji dan menuntut ilmu agama. Selain itu, sejak kecil, sosok Nawawi kecil benar-benar telah menyita perhatian keluarga dan masyarakat sekitar dikarenakan keunggulannya dalam kecerdasan dan menerima pelajaran. Selain itu beliau dikenal sebagai anak yang sangat kritis, sehingga tidak jarang sang ayah kesulitan memberikan penjelasan dan jawaban terhadap pertanyaan yang disampaikan oleh Imam Nawawi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sayyidi Asy-Syekh Al-Faqih Nawawi Al-Bantani Al-Jawi "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel